Kontak6

            Tim Olimpiade Biologi Indonesia SITH ITB LABTEK XI, Lantai 3 Jl. Ganesha No. 10, Bandung, Indonesia Contact Person: Fenryco Pratama (+6281286125436)       More »

Hall of FAME kecil 2

            25th IBO: Bali, Indonesia 2014           24th IBO: Bern, Switzerland 2013           23rd IBO: Singapore 2012     More »

Kolom artikel kecil 2

            RESPON STRESS PADA TUMBUHAN : CEKAMAN BANJIR Kemampuan suatu makhluk hidup untuk merespon terhadap perubahan lingkungannya memang menakjubkan. Kali ini, mumpung lagi musim hujan, dan resiko More »

Halo OSN 2014!

Kabar gembira untuk kita semua: Olimpiade Sains Nasional hadir kembali!

Tahun ini, Olimpiade Sains (OSN) akan diselenggarakan di Mataram pada tanggal 1-7 September 2014. Puluhan peserta dari puluhan provinsi di seluruh Indonesia yang berhasil meloloskan diri melalui seleksi tingkat provinsi diundang untuk datang dan berkompetisi memperebutkan emas, perak, dan perunggu di ajang nasional tahunan ini.

OSN Biologi akan terdiri dari tes teori dan praktikum yang mengacu kepada kegiatan International Biology Olympiad (IBO).  Topik tes teori akan berkisar kepada materi Biologi Sel dan Molekuler (20%), Anatomi dan Fisiologi Tumbuhan (15%), Anatomi dan Fisiologi Hewan (25%), Etologi (5%), Genetika dan Evolusi (20%), Ekologi (10%), dan Biosistematika (5%) sedangkan topik tes praktikum akan mengacu kepada IBO 2015 yang akan diselenggarakan di Aarhus, Denmark pada tanggal 12-19 Juli 2015:

  1. Bioteknologi dan Mikrobiologi (Biotechnology and Microbiology)
  2. Biologi Sel dan Molekul (Cell and Molecular Biology)
  3. Anatomi dan Fisiologi Hewan (Animal Anatomy and Physiology)
  4. Anatomi, Biosistematika, dan Evolusi Tumbuhan (Plant Anatomy, Biosystematics and Evolution)

Silabus materi teori lebih lengkap dan kemampuan praktikum dasar yang perlu dikuasai dapat dilihat di situs resmi IBO. Persiapkan diri Anda sebaik mungkin. Datang, berkompetisi, dan jadilah yang terbaik!

Informasi terbaru tentang OSN dapat diikuti melalui Twitter @OSN_Indonesia.

Indonesia kembali meraih Medali Emas di International Biology Olympiad (IBO)

Tahun 2014 merupakan tahun bersejarah bagi Tim Olimpiade Biologi Indonesia karena telah berhasil mempersembahkan tiga medali emas dan satu medali perak bagi Indonesia. Berkat doa restu dari seluruh unsur masyarakat Indonesia dan kegigihan dari para wakil Indonesia, keempat siswa berikut ini telah berhasil membawa harum nama Bangsa di antara perwakilan dari 60 negara peserta IBO 2014 di Bali.

  1. Samuel Henry Kurniawan (SMAK BPK Penabur Gading Serpong, Banten) meraih medali EMAS
  2. Valentino Sudaryo (SMA Tunas Bangsa, Pontianak) meraih medali EMAS
  3. Kelvin Suriyaputra (SMAK 3 BPK Penabur, Jakarta) medali EMAS
  4. Hana Fauzyyah Hanifin (SMA Semesta, Semarang) meraih medali PERAK

Ajang IBO ke-25 telah ditutup dengan meriah dan dihadiri oleh Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan beserta jajarannya. Pada acara penutupan tersebut, Presiden IBO memberikan apresiasi yang tinggi kepada para panitia IBO 2014 karena telah berhasil dalam pelaksanaan IBO dari pembukaan hingga seluruh rangkaian kegiatan selesai.

Puji syukur kehadirat Tuhan karena Indonesia telah berhasil menjadi tuan rumah IBO ke-25 tahun 2014 dan diakhiri dengan torehan prestasi yang luar biasa. Bisa jadi prestasi Tim Olimpiade Biologi Indonesia di IBO tahun ini merupakan prestasi paling memuaskan di antara prestasi di IBO pada tahun-tahun sebelumnya.

Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih atas dukungan penuh dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pembinaan SMA sehingga pelaksanaan IBO dapat terlaksana dengan baik.

Topik praktikum yang telah diujikan pada sesi Practical Test adalah Biologi Sel dan Molekuler (identifikasi plasmid dengan perlakuan endonuklease restriksi dan reproduksi sel Paramecium sp.), Anatomi dan Fisiologi Tumbuhan (penentuan pigmen tumbuhan dan pengamatan adaptasi struktural), Anatomi Fisiologi dan Sistematik Hewan (analisis data hasil uji toksisitas dan identifikasi spesimen udang), dan Ekologi-Etologi (biogeografi pulau, pemencaran biologis buah dan spesiasi dalam kicauan burung).

Secara umum, peringkat medali emas Indonesia masih berada dalam peringkat 10 besar bersama dengan Singapura dan Taiwan. Tentunya prestasi ini harus dipertahankan pada IBO tahun-tahun mendatang.

Selain didampingi oleh Tim Juri dari Unair dan SITH-ITB, keempat siswa juga mendapat dukungan langsung oleh kakak-kakak alumni IBO mulai dari tahun 2001 hingga 2013, sehingga memberikan energi tersendiri untuk mencapai prestasi yang gemilang. Semoga di IBO ke-26 di Denmark yang dilaksanakan tahun 2015, Tim Olimpiade Biologi Indonesia dapat memperoleh prestasi yang lebih baik dari tahun ini.

Selamat untuk Tim Olimpiade Biologi Indonesia!!

TOBI 2014 (dari kiri ke kanan) : Hana, Kelvin, Valentino dan Samuel.

TOBI 2014 berpose dengan Tim Juri Indonesia dan Anggota Scientific Committee IBO 2014

TOBI 2000 – 2013 yang ikut memberikan dukungan

25th International Biology Olympiad (IBO) Bali, Indonesia – July 5th- 13th, 2014

Selamat berjuang untuk Tim IBO Indonesia!

Pada tahun ini, ajang bergengsi International Biology Olympiad (IBO) dilaksanakan di Bali. Indonesia selain sebagai tuan rumah tentunya juga sebagai kompetitor yang mengirimkan wakilnya sebanyak 4 siswa untuk bersaing di IBO ke-25. Keempat siswa tersebut adalah:

  1. Kelvin Suriyaputra, siswa kelas XI SMAK 3 BPK Penabur, Jakarta
  2. Valentino Sudaryo, siswa kelas XI SMA Tunas Bangsa, Pontianak
  3. Hana Fauzyyah Hanifin, siswi kelas XI SMA Semesta, Semarang
  4. Samuel Henry Kurniawan, siswa kelas XI SMAK BPK Penabur Gading Serpong, Banten

Indonesia telah aktif mengirimkan wakilnya sejak tahun 2000 pada IBO ke 11 yang saat itu diselenggarakan di Antalya, Turki. Setiap tahun, Indonesia melalui Timnya selalu berhasil memperoleh medali. Prestasi yang paling membanggakan yang telah dicapai oleh Indonesia adalah saat berhasil menyabet 2 medali emas dengan peringkat ke-enam dari 59 negara peserta di IBO ke-21 di Changwon, Korea Selatan. Pada tahun lalu, Tim IBO Indonesia berhasil membawa pulang 1 medali emas dan 3 medali perak dari IBO ke-24 di Bern, Swiss. Prestasi yang gemilang ini tak lepas dari bimbingan Tim Pembina serta dukungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pembinaan SMA.

IBO tahun ini bisa jadi merupakan peristiwa yang bersejarah karena bertepatan dengan ulang tahun ke-25 sejak kompetisi IBO diselenggarakan. Selain itu, pelaksanaan IBO tahun ini bertepatan dengan pesta demokrasi yaitu Pemilihan Umum Presiden RI.

Bali terpilih menjadi tempat pelaksanaan IBO ke-25 karena Bali merupakan ikon pariwisata Indonesia yang paling dikenal di mancanegara. Oleh karena itu, pelaksanaan IBO di Bali diharapkan dapat meningkatkan kemajuan pariwisata di Indonesia.

Tim akan berangkat ke Bali pada hari Sabtu siang tanggal 5 Juli 2014 dari Bandung. Pembukaan IBO ke-25 akan dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 6 Juli 2014. Para siswa akan melakukan Tes Praktikum pada hari Selasa tanggal 8 Juli 2014 dan dilanjutkan dengan Tes Teori pada hari Kamis tanggal 10 Juli 2014. Hasil kompetisi akan diumumkan di acara penutupan pada hari Sabtu tanggal 12 Juli 2014. Untuk itu, doa restu dan dukungan moril sangat dibutuhkan supaya Tim Olimpiade Biologi Indonesia dapat meraih prestasi yang lebih baik dari tahun lalu.

Tim Juri dari Indonesia yang mendampingi ke-empat siswa tahun ini adalah Dr. Sucipto Hariyanto (Unair), Dr. Dian Rosleine (SITH-ITB), Dr. Isty A.P. (SITH-ITB), Mochamad Mas’ngud, MSi (TOBI) dan Biofagri A.R, MSc (TOBI).

Dukung terus Tim Olimpiade Biologi Indonesia, sukses pelaksanaan dan sukses prestasi, Go Get GOLD!

Hasil OSN Biologi 2013

OSN 2013 telah berakhir dengan sukses. Berikut Hasil_OSN_Biologi_2013.

HASIL IBO Bern, Switzerland – July 14-21, 2013

Selamat kepada Tim IBO Indonesia yang telah berhasil mendapatkan 1 medali emas (Rhogerry Deshycka) dan 3 medali perak (Kezia Stevanie Tanfriana, Muhammad Farhan Maruli, dan Titis Setiyobudi). Well done Guys!!

 

 

Press Release :

TIM OLIMPIADE BIOLOGI INDONESIA RAIH MEDALI EMAS

24th INTERNATIONAL BIOLOGY OLYMPIAD

14-­21 JULI 2013, BERN-­SWITZERLAND

Kabar gembira kembali datang dari putera‐puteri terbaik bangsa yang berhasil mempersembahkan prestasi membanggakan di ajang International Biology Olympiad (IBO) ke‐24 tahun 2013 di Bern, Switzerland. Empat pelajar yang tergabung dalam Tim Olimpiade Biologi Indonesia diantaranya:

  1. Rhogerry Deshycka (SMA Pribadi Bandung) berhasil meraih medali Emas.
  2. Muhammad Farhan Maruli (SMAN 78 Jakarta) meraih medali Perak
  3. Kezia Stevanie Tanfriana (SMAK BPK Penabur Gading Serpong) meraih medali Perak
  4. Titis Setiyobudi (SMA GBBS Gemolong, Sragen) meraih medali Perak.

Setelah melewati rangkaian tes praktikum dan tes teori, akhirnya jerih payah dan kerja keras dari semua pihak yang mendukung Tim Olimpiade Biologi Indonesia terbayar Indah. 1 Medali Emas dan 3 Medali Perak adalah pencapaian yang sangat baik di tahun ini. Secara umum, Indonesia menduduki peringkat enam bersama dengan China, Jepang, dan Taiwan dari total 64 negara peserta.

 

TOBI 2013. Ki‐ka: Muhammad Farhan Maruli, Rhogerry Deshycka, Kezia Stefania dan Titis Setiyobudi

 

Pembukaan dan penutupan IBO ke­‐24 secara resmi dilakukan oleh Chairman IBO 2013, dr. Mattias Wenger (peserta IBO tahun 2000). Semua kegiatan tes (praktikum dan teori) dilakukan di University of Bern yang didukung oleh banyak staf akademik (Professor dan Doktor) yang umumnya masih muda. Universitas ini terkenal karena Albert Einstein pernah menjadi salah satu staf pengajar dan di kota Bern pula, Einstein mengembangkan teori relativitasnya. Selain itu University of Bern telah melahirkan seorang penerima Nobel di bidang kedokteran, Theodor Kocher (ahli bedah) pada tahun 1909. Kegiatan IBO juga didukung oleh Natural History Museum of Bern dengan meminjamkan 63 set bahan praktikum berupa awetan lengkap dari 7 spesies tengkorak Mamalia. Selain dari University of Bern, para ilmuwan Biologi dari University of Zurich dan Basel juga turut membantu kegiatan IBO 2013.

Para siswa Indonesia berhasil mengerjakan 4 topik praktikum dengan baik diantaranya adalah 1) Biologi sel dan molekuler dari Trypanosoma brucei, 2) Ekofisiologi Tumbuhan tentang penentuan kandungan glukosa dari Arabidopsis serta menentukan hubungan antara karakteristik bunga dan jenis polinatornya, 3) Etologi Evolusioner berupa perilaku agresif dari ikan cupang Afrika, dan 4) Biosistematik untuk menentukan 7 spesies Mamalia kecil berdasarkan identifikasi tengkorak.

Para jury pendamping umumnya berasal dari universitas‐universitas terkemuka di beberapa negara maju seperti University of Dresden (Jerman), Wagenigen University (Belanda), University of Aarhuis (Denmark), NTU dan NUS (Singapora), University of Tsukuba (Jepang), dan University of Purdue (USA). Juri dari berbagai negara bekerjasama dalam mereview soal‐soal tes (praktikum dan teori) sehingga meningkatkan kualitas soal sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang biologi modern.

Seperti halnya negara peserta IBO yang lain, Tim Olimpiade Biologi Indonesia didukung sepenuhnya oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Seluruh peserta IBO merupakan juara‐juara dari tingkat nasional. Di Indonesia, ke‐4 siswa tersebut diseleksi mulai dari tingkat sekolah, Kabupaten/Kota, Propinsi dan tingkat Nasional melalui Olimpiade Sains Nasional (OSN). Siswa‐siswa terbaik hasil seleksi Nasional (OSN) kemudian dibina oleh tim pengajar dan asisten dari Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH‐ITB) dan Jurusan Biologi, Universitas Airlangga. Peraih medali Emas dari Indonesia (Rhogerry Deshycka) telah diterima di Massachusetts Institute of Technology (MIT) Amerika Serikat dan Kezia Stefania (peraih medali Perak) akan melanjutkan studi di bidang Life Sciences‐NUS, Singapura.

Tim Olimpiade Biologi Indonesia didampingi oleh 6 pendamping diantaranya Dr. Agus Dana Permana (Leader), Prof. Dr. Intan Ahmad, Dr. Ahmad Faizal, Dr. Indra Wibowo, Dr. Lulu L. Fitri (SITH ITB), dan Biofagri Ascadendria, M.Si (Tim Olimpiade Biologi Indonesia­‐TOBI). Jumlah pendamping yang lebih banyak dari siswa merupakan bagian dari persiapan Indonesia sebagai tuan rumah 25th IBO, Juli 2014 di Bali.

 

Tim Olimpiade Biologi Indonesia (siswa dan para pendamping)

Bern, 21 Juli 2013

Tim Olimpiade Biologi Indonesia

Menuju OSN 2013

OSN Biologi 2013 akan diselenggarakan di Bandung, 2-8 September 2013. Puluhan peserta dari 33 provinsi di Indonesia akan datang dan berkompetisi untuk menjadi yang terbaik. Peserta bidang biologi akan menginap di Hotel Marbella Suites Bandung, di kawasan Dago Pakar. Topik tes praktikum OSN Biologi 2013 mengacu kepada IBO 2014 yang akan diselenggarakan di Bali, Indonesia (www.ibo2014.org). Silabus lengkap mengenai materi tes teori dan skill praktikum dapat dilihat di website resmi IBO (http://www.ibo-info.org/rules-syllabus)

TES PRATIKUM:

  1. BIOLOGI SEL MOLEKULER
  2. ANATOMI DAN FISIOLOGI TUMBUHAN
  3. FISIOLOGI DAN BIOSISTEMATIKA HEWAN
  4. EKOLOGI DAN PERILAKU

TES TEORI:

  1. BIOLOGI SEL DAN MOLEKULER (20%)
  2. ANATOMI DAN FISIOLOGI TUMBUHAN (15%)
  3. ANATOMI DAN FISIOLOGI HEWAN (25%)
  4. ETOLOGI (5%)
  5. GENETIKA DAN EVOLUSI (20%)
  6. EKOLOGI (10%)
  7. BIOSISTEMATIK (5%)

Persiapkan diri anda sebaik mungkin. Datang, berkompetisi, dan jadilah yang terbaik!

24th INTERNATIONAL BIOLOGY OLYMPIAD (IBO) Bern, Switzerland – July 14-21, 2013

Selamat berjuang untuk Tim IBO Indonesia!!

International Biology Olympiad (IBO) ke-24 tahun 2013 akan diselenggarakan di Bern, Switzerland. Tim Olimpiade Biologi Indonesia diwakili oleh :
  1. Kezia Stevanie Tanfriana, siswi kelas 12 SMAK BPK Penabur Gading Serpong, Banten. Kezia adalah peraih medali Perak OSN 2011 serta medali Perak IBO 2012 di Singapura
  2. Titis Setiyobudi, siswa kelas 11 SMA GBBS Gemolong, Sragen. Titis berhasil meraih medali Emas sekaligus menyabet predikat Absolute Winner pada OSN 2012.
  3. Muhammad Farhan Maruli, siswa kelas 11 SMAN 78 Jakarta. Farhan merupakan peraih medali perak pada OSN 2012
  4. Rhogerry Deshycka, siswa kelas 12 SMA Pribadi Bandung. Rhogerry berhasil meraih medali Emas saat OSN 2011 dan medali Perak IBO 2012 di Singapura.
Indonesia telah aktif berpartisipasi di ajang kompetisi tahunan IBO sejak tahun 2000 dan didukung penuh oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Republik Indonesia. Sejak itu, Tim Olimpiade Biologi Indonesia selalu sukses meraih prestasi membanggakan. Capaian siswa-siswi Indonesia juga cenderung meningkat tiap tahun, khususnya pada nilai tes (teori dan praktikum) serta perolehan medali. Sejauh ini, prestasi paling membanggakan dari Tim Olimpiade Biologi Indonesia adalah meraih 2 medali Emas dan 2 medali Perunggu pada tahun 2010 di Korea Selatan. Pada tahun 2011, Tim Olimpiade Biologi Indonesia meraih 3 medali Perak dan 1 medali Perunggu di Taiwan. Prestasi yang sama terulang pada tahun 2012 di Singapura dengan 3 medali Perak  dan 1 medali Perunggu. Dengan pencapaian tersebut, kami berharap bahwa siswa IBO Indonesia tahun ini dapat mempersembahkan yang terbaik. Selain itu, dua siswa Indonesia yang sebelumnya berhasil meraih medali perak di tahun 2012 akan kembali turut berkompetisi pada IBO 2013. Berbekal pengalaman tersebut, ditambah dengan kompetisi yang ketat selama pembinaan dan seleksi terpusat di ITB, kami berharap siswa IBO Indonesia akan meraih hasil yang lebih baik, khususnya target untuk meraih medali emas. Ke-4 siswa di atas telah mengikuti pembinaan dan seleksi dari 30 besar hingga 14 besar di Pusat Ilmu Hayati ITB. Pembinaan terakhir bagi ke-4 siswa juga dilakukan selama 8 minggu, khusus untuk pembinaan terakhir, para siswa banyak diberikan pendalaman materi untuk praktikum.

 

Tim akan berangkat hari Jumat dinihari, 12/7/2013 dan tiba di hari yang sama di Bern. Pembukaan IBO ke 24 akan dilaksanakan pada hari Minggu, 14/7. Para siswa akan melakukan Test Praktek hari Selasa (16/7), dilanjutkan dengan Test Teori pada hari Kamis 18/7. Hasil keseluruhan akan diumumkan pada hari Sabtu, 20/7 sore pada saat penutupan dan penyerahan medali. Untuk itu, doa restu dan dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia sangat dibutuhkan agar Tim Olimpiade Biologi Indonesia kali ini dapat meraih prestasi yang lebih baik.

 

Pada tahun ini, Tim Olimpiade Biologi Indonesia akan didampingi oleh Dr. Agus Dana Permana (Leader), Dr. Ahmad Faizal, Dr. Indra Wibowo, Dr. Lulu L. Fitri, dan Biofagri Ascadendria, Msi. (SITH ITB), Bpk. Hamid Muhammad, Bpk. Harris Iskandar, Bpk. Purwadi Sutanto, dan Bpk. Agus Mulyana dari Kemendikbud, serta Bpk. Wuryanto Hidayatullah dan Bpk. Hendra Kurniawan dari Kementerian Keuangan. Jumlah pendamping yang lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya serta kehadiran dua orang perwakilan dari Kementerian Keuangan merupakan bagian dari persiapan Indonesia untuk menjadi tuan rumah IBO ke-25 di Bali, Juli 2014. Kami berharap, prestasi yang baik pada IBO ke-24 di Swiss sekaligus akan menjadi kampanye awal untuk menyukseskan kegiatan IBO 2014 di Bali. Untuk diketahui, IBO 2014 di Bali akan menjadi kegiatan yang sangat spesial dalam sejarah IBO karena bertepatan dengan ulang tahun ke-25 sejak kompetisi IBO diselenggarakan.

 

Dukung terus Tim Olimpiade Biologi Indonesia!

Daftar Peserta OSN 2013 Bidang Biologi

OSN tahun ini akan diadakan di Bandung, pada tanggal 2-8 September 2013.

Berikut adalah daftar lengkap peserta OSN 2013 bidang biologi : Peserta OSN 2013 Bidang Biologi

Bagi teman-teman yg belum berkesempatan lolos ke tahap nasional pada tahun ini, jangan putus asa, masih ada kesempatan tahun depan. Kalian sudah berhasil mencapai tingkat seleksi tingkat propinsi, suatu pencapaian yang belum tentu bisa dilakukan oleh teman-teman kalian. Lebih giat belajar dan berdoa, semoga kita akan berjumpa di OSN di tahun depan.

Selamat kepada teman-teman yang berhasil lolos ke tahap nasional. Namun, perjuangan kalian belum usai. Kalian harus lebih giat belajar, berusaha dan berdoa. Sampai jumpa di Bandung.

HASIL LENGKAP OSN BIOLOGI 2012 JAKARTA

OSN 2012 Jakarta telah berakhir. Ajang tahunan ini ditutup secara resmi oleh Wamendikbud Prof. Dr. Ir. H. Musliar Kasim di hadapan ribuan peserta, guru, dan official yang memadati Padepokan Pencak Silat TMII, Pondok Gede, Jakarta Timur pada Kamis, 6 September 2012. Sean Idol turut memeriahkan acara dengan menyanyikan lagu “Tanah Air” dan “We Are the Champions”.

Medali dibagikan kepada 30 peserta terbaik, dengan rincian 5 emas, 10 perak, dan 15 perunggu. Untuk bidang biologi, juara umum diraih oleh Provinsi Jawa Tengah dengan 4 emas, 1 perak, dan 2 perunggu, disusul oleh tuan rumah DKI Jakarta dengan 1 emas, 2 perak, dan 3 perunggu. Penghargaan khusus juga diberikan untuk peraih nilai tertinggi pada tes teori, tes eksperimen, serta peserta terbaik dari wilayah Indonesia Tengah dan Indonesia Timur.

BEST THEORY                                   : Yusuf Azmi, SMA Semesta Semarang, Jawa Tengah

BEST EXPERIMENT                         : Titis Setyobudi, SMA SBBS Gemolong, Jawa Tengah

BEST INDONESIA TENGAH            : Willy Chandra, SMAK Rajawali Makassar, Sulawesi Selatan

BEST INDONESIA TIMUR                : Khusnul Khotimah, SMA Muhammadiyah Aimas, Papua Barat

Hasil lengkap OSN Biologi 2012 Jakarta dapat diunduh di sini

Tim Olimpiade Biologi Indonesia (TOBI) mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat PSMA Kemendikbud, SMAN Unggulan M.H. Thamrin Jakarta selaku tuan rumah, serta segenap pihak yang telah mendukung suksesnya OSN Biologi 2012. Selamat kepada para peraih medali dan penghargaan. Untuk yang hasilnya belum sesuai harapan, tetap semangat. Masih banyak kesempatan untuk meraih prestasi di masa yang akan datang.

Sampai jumpa di OSN 2013 Bandung, Jawa Barat. Datang, berkompetisi, jadilah yang terbaik!

MENUJU OSN BIOLOGI 2012

OSN Biologi 2012 akan diselenggarakan di Jakarta, 3-7 September 2012. Ratusan peserta dari 33 provinsi di Indonesia akan datang dan berkompetisi untuk menjadi yang terbaik. Peserta bidang biologi akan menginap di Hotel Kartika Chandra, kawasan Gatot Subroto dan yang akan bertindak sebagai tuan rumah adalah SMAN Unggulan M.H. Thamrin Jakarta. Topik tes praktikum OSN Biologi 2012 mengacu kepada IBO 2013 yang akan diselenggarakan di Bern, Swiss (www.ibo2013.org). Silabus lengkap mengenai materi tes teori dan skill praktikum dapat dilihat di website resmi IBO (http://www.ibo-info.org/rules-syllabus)

TES PRATIKUM:

  1. BIOSISTEMATIK KOMPARATIF DAN FUNGSIONAL
  2. FISIOLOGI DAN EKOLOGI TUMBUHAN
  3. BIOLOGI SEL MOLEKULER
  4. ETOLOGI EVOLUSIONER

TES TEORI:

  1. BIOLOGI SEL DAN MOLEKULER (20%)
  2. ANATOMI DAN FISIOLOGI TUMBUHAN (15%)
  3. ANATOMI DAN FISIOLOGI HEWAN (25%)
  4. ETOLOGI (5%)
  5. GENETIKA DAN EVOLUSI (20%)
  6. EKOLOGI (10%)
  7. BIOSISTEMATIK (5%)

Persiapkan diri anda sebaik mungkin. Datang, berkompetisi, dan jadilah yang terbaik!